Sejarah Gudeg, Masakan Khas Yogyakarta Yang Melegenda


Bicara Gudeg, tidak terlepas dari Daerah Istimewa Yogyakarta, Jawa Tengah. Karena Gudeg sendiri telah dikenal oleh masyarakat Indonesia khususnya sebagai kuliner khas dari Kota Yogyakarta. Hal tersebut juga yang membuat popularitas Yogyakarta dikenal dengan nama Kota Gudeg. Begitupun juga Gudeg, terkenal dengan sebutan Gudeg Jogja (singkatan dari Yogyakarta).


Sejarah gudeg, Prajurit Mataram, Prajurit kerajaan, Sejarah jogja, Sejarah Yogyakarta
Prajurit Kerajaan Mataram - Awal mula sejarah gudeg jogja.

GudegKulo.Blogspot.Com - Gudeg sebenarnya sudah ada sejak Yogyakarta pertama kali dibangun. Sekitar abad ke-16 pada waktu itu, di saat para prajurit Kerajaan Mataram membongkar hutan belantara untuk membangun peradaban baru yang kini terletak di kawasan Kotagede, atau kini berada disekitar kampus Universitas Gajah Mada (UGM).


Dimana hutan tersebut terdapat banyak pohon kelapa dan nangka. Sekumpulan prajurit yang jumlahnya ratusan itu kemudian berusaha memasak buah nangka dan kelapa. Dikarenakan jumlah mereka sangat banyak, nangka dan kelapa dimasak di dalam wadah besar yang terbuat dari logam. Pengaduknya juga besar, seperti bentuk dayung perahu. Cara memasak gudeg tersebut mereka sebut hangudek (red: mengaduk). Dari istilah hangudek itu maka terciptalah makanan yang kemudian disebut sebagai Gudeg.


Demikian sekilas tentang Sejarah Gudeg berasal.


Lorem ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.

This Is The Newest Post
This Is The Oldest Page


EmoticonEmoticon